Lima Sunnah Rasulullah Ketika Bangun Dari Tidur


Bangun tidur merupakan nikmat yang tidak terhingga dan tidak ada bandingnya. Bagaimana tidak, kita masih dibenarkan untuk kembali menghirup udara dan menjalani aktiviti seperti biasa. Pagi hari menjadi momentum yang tepat mengucapkan banyak syukur kerana kesempatan hidup yang diberikan Allah kepada kita.

Ketika pagi hari, banyak orang yang bermalas-malasan untuk bangun dari tidurnya. Padahal, selain mendapatkan kesegaran, bangun tidur juga boleh menjadi mencari redho Allah SWT. Ketika bangun, banyak amalan yang boleh dilakukan untuk mendapatkan pahala.

Lima perkara ini sentiasa dilakukan oleh Rasulullah SAW setiap kali bangun tidur. Selain bernilai ibadah, sunnah ini juga dapat menyihatkan tubuh. Lantas apa saja yang dilakukan Nabi Muhammad SAW terjaga ketika pagi hari?

1. Mengusap Wajah Dengan Tangan Agar Hilang Mengantuk

Hal pertama yang harus kita ikuti dari Nabi ketika bangun tidur adalah mengusap wajah dengan tangan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan rasa mengantuk. Setelah mengusapkan tangannya ke wajah, lalu Nabi membaca 10 ayat yang terakhir surah Ali-Imran. Menurut Imam an-Nawawi dan al-Hafizh Ibnu Hajar, hal ini dianjurkan berdasarkan hadis Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam "

"Pada masa Rasulullah shallallahu` alaihi wasallam bangun dari tidur, beliau duduk dan mengusap wajahnya dengan tangannya untuk menghilangkan rasa mengantuk, "(HR. Imam Muslim).

2. Membaca Doa Bangun Tidur

Membaca doa merupakan amalan yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum atau sesudah melakukan sesuatu. Membaca doa selepas bangun tidur juga menjadi salah satu sunnah dari Nabi SAW. Membaca doa tersebut sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat usia yang telah diberi. Adapun doa yang harus diucapkan mempunyai erti sebagai berikut:

"Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan," (HR. Al-Bukhari)

3. Bersiwak

Sunnah selanjutnya yang dilakukan oleh Rasulullah ketika bangun tidur adalah bersiwak. Siwak merupakan nama untuk sebuah kayu yang digunakan untuk menggosok gigi. Jika pada zaman sekarang ini, bersiwak bererti menggosok / membersihkan gigi untuk menghilangkan kotoran pada gigi dan juga untuk menjaga kebersihan mulut.

"Apabila bangun dari tidur di malam hari, Rasulullah shallallahu` alaihi wasallam menggosok gigi dengan siwak, "(HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Ada banyak manfaat yang diperoleh apabila menggosok gigi ketika bangun tidur. Lebih-lebih lagi bagi mereka yang hendak solat malam. Tidak hanya dapat menyegarkan, gosok gigi juga akan menghilangkan bau mulut sehinggan tidak membuat malaikat yang turut dari dalam solat malam terganggu.

4. Mendenguskan Angin Dari Lubang Hidung

Sunnah selanjutnya adalah mendenguskan angin dari lubang hidung. Caranya adalah ketika bangun tidur, masukkan air ke dalam hidung dengan cara bernafas dan lakukan sebanyak tiga kali. Tujuannya adalah untuk membersihkan rongga hidung, sebab ternyata selama manusia tidur syaitan menginap di dalam lubang hidung. Seperti sabda Rasulullah SAW:

Memasukkan air ke dalam hidung dengan cara disedut dalam bahasa arab disebut istinsyaq dan mengeluarkannya disebut istintsar.

"Apabila salah seorang diantara kalian bangun tidur, hendaknya ia mendenguskan angin melalui lubang hidungnya sebanyak 3 kali. Kerana syaitan biasanya mendekam di lubang hidung, "(HR. Muttafaq` Alaih)

5. Membasuh Kedua Tangan Sebanyak 3 Kali

Sunnah Rasulullah yang terakhir ketika bangun tidur adalah membasuh kedua tangan menggunakan air sebanyak tiga kali. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW: "Apabila salah seorang diantara kalian bangun tidur, jangan langsung mencelupkan tangannya ke dalam bejana wudhu sebelum membasuhnya sebanyak 3 kali," (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Itulah lima sunnah Rasulullah yang harus ditiru ketika bangun tidur. Biasanya, apabila Rasulullah bangun dari tidurnya, Beliau terus membaca ayat suci Al-quran serta memuji kebesaran Allah SWT.

Semoga bermanfaat!

No comments

Powered by Blogger.